Memilih Supplier

Sesudah memiliki pengetahuan tentang market intelligence dan melakukan penelitian mengenai kondisi pasar, langkah selanjutnya adalah memilih supplier.

Proses menganalisa kemampuan supplier dan memilih supplier yang tepat adalah salah satu fungsi paling penting dari seorang buyer atau pembeli karena jika sampai salah pilih maka dampaknya bisa merugikan perusahaan.

Bagaimana caranya untuk menganalisa kemampuan supplier?

1. Profil Perusahaan

Profil perusahaan adalah wajah dari perusahaan tersebut. Beberapa informasi dasar bisa kita lihat seperti:

  • Dokumen resmi perusahaan seperti akta pendirian, NPWP dll
  • Pengalaman perusahaan menjual barang atau melakukan jasa yang kita perlukan
  • Sumber daya yang dimiliki perusahaan tersebut ( orang, peralatan, fasilitas dll)
  • Daftar customer sebagai referensi

2. Kuisioner

Kita bisa meminta supplier untuk mengisi kuisioner dengan tujuan mendapatkan informasi awal mengenai beberapa informasi kunci seperti :

  • Informasi dasar tentang kondisi keuangan perusahaan tersebut
  • Kemampuan teknis perusahaan tersebut
  • Sumber daya yang dimiliki
  • Catatan mengenai Kesehatan dan Keselamatan Kerja (K3) perusahaan tersebut.

3. Site Visit 

Hal lain lagi yang bisa dilakuan adalah dengan melakukan kunjungan ke kantor dan lokasi produksi perusahaan tersebut. Dengan melakukan kunjungan maka kita akan mengetahui kemampuan perusahaan tersebut dalam memenuhi kebutuhan kita.

Contoh 1: kita berkunjung ke pabrik ban. Pabrik tersebut memiliki kemampuan produksi 1000 buah ban per tahun. Kebutuhan perusahaan kita adalah 100 buah ban per tahun sementara dari 1000 buah ban yang diproduksi tersebut 930 buah adalah untuk memenuhi kontrak dengan customer lain sehingga sebenarnya ada kekurangan produksi sebanyak 30 ban per tahun. Hal-hal seperti ini perlu diketahu di sebelum kontrak sehingga bisa diambil langkah antisipasinya.

Contoh 2: kita berkunjung ke klien dari perusahaan jasa cleaning service. Kita bisa melihat cara kerja, kemampuan personil dan hasil kerja perusahaan tersebut. Jika kita beruntung, mungkin, kita bisa berbicara pada supervisor atau pengawas dari pihak klien yang sudah terlebih dahulu mengunakan jasa perusahaan tersebut. Dengan melakukan pengamatan, wawancara dan membuat dokumentasi, kita bisa melihat apakah perusahaan cleaning service ini bisa memenuhi kebutuhan kita.

Itulah 3 hal dasar yang bisa kita lakukan dalam memilihi supplier. Jika Anda masih ada pertanyaan dan mau belajar lebih lanjut silakan menghubungi saya via email joshua@ratadhi.com atau line joshuar008.

Anda juga bisa membagikan artikel ini kepada rekan-rekan Anda yang lain supaya mereka juga bisa mendapat pengetahuan baru seperti Anda. #dothebasicright

 

 

 

 

3 thoughts on “Memilih Supplier

Comments are closed.